Tuesday, May 1, 2007

Membentuk keluarga samara

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At-Tahrim, 66:6).

Berikut ini adalah ceramah dari Ustadz Budi Dharmawan tentang bagaimana membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Ceramah ini disampaikan di Sydney pada bulan Agustus 2004 yang lalu. Ceramah ini diikuti dengan Seminar Pendidikan Anak.

Pada bagian pertama, Ustadz Budi mengatakan bahwa paling tidak ada tiga karir dalam hidup ini yang dimiliki oleh seseorang: pendidikan, pekerjaan, dan keluarga. Kalau karir pendidikan ada diwisudanya, karir pekerjaan ada pensiunnya, sedangkan karir keluarga akan berlanjut sampai tujuh turunan. Sehingga disini Ustadz Budi menekankan perlunya untuk membangun karir keluarga dengan sungguh-sungguh. Karena Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa "sebaik-baik kamu adalah yang terbaik kepada keluargamu".

Ustadz Budi kemudian menjelaskan tentang visi dalam keluarga. Suatu pekerjaan yang sama (membina keluarga) tapi visinya bisa berbeda-beda tergantung pelakunya. Dan sebagai contoh, paling tidak ada lima potret keluarga:

(1) arena tinju (selalu cekcok)
(2) pasar (perhitungan untung rugi)
(3) sekolah (saling asah, saling asuh, dan saling asih)
(4) rumah sakit (pola hubungan seperti pasien dan dokter)
(5) kuburan (tidak pernah bertegur sapa, ada hambatan komunikasi)

Pertanyaannya kemudian adalah potret keluarga macam apakah yang akan kita pertahankan?

Di sesi tanya jawab, peserta ceramah menanyakan bagaimana menjaga dan merawat cinta, tips dan triks mendidik anak banyak, keseimbangan antara shabar dan syukur, dan sebagainya. Silahkan simak bagaimana Ustadz Budi dengan gaya khasnya menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

File MP3 dari rekaman ceramah membina keluarga samara ini besarnya adalah 6 Mbytes (45 menit), silahkan klik kanan dan save target as:
MembentukKeluargaSamara.mp3.
Sumber : http://www.pks-anz.org

2 comments:

Ady Hermawan said...

thank's akhi filenya

saya akan dengar ceramahnya bantu doa , smoga saya dapat menerapkan di keluarga saya, amin

Unknown said...

mas minta filenya ya... semoga Allah membalas dengan kebajikan yang berlimpah