Tuesday, May 1, 2007

Telaah Kritis Gerakan Pembaharuan Keagamaan

Berikut ini adalah MP3 dari rekaman dialog dan diskusi menyingkap ujung pemikiran dan gerakan Nur Cholis Majid, dkk, tahun 1992 di Taman Ismail Marzuki. Acara ini memang sempat menjadi headline surat kabar pada saat itu dimana para pembela pemikiran gerakan pembaruan ramai-ramai memprotes acara itu yang juga dihadiri oleh Nurcholis Majid sendiri.



Sebagai pemakalah pertama adalah Ustadz Daud Rasyid yang membahas GPK secara cermat dan teliti dan mengungkapkan dengan gamblang hal-hal yang rancu. Kemudian pemakalah kedua adalah Ustadz Ridwan Saidi, yang dengan gaya Betawinya yang khas, mengungkap sejarah beragama di Indonesia, termasuk proses perkembangan difusi nilai-nilai Islam ke dalam masyarakat Indonesia. Sehingga baginya, ide yang diungkapkan Nur Cholish ini tentang pembaharuan keagamaan bukanlah merupakan usaha pertama untuk melunturkan nilai Islam dari Indonesia.

Untuk lebih lanjut, ikuti diskusi menarik selengkapnya melalui empat buah file MP3 yang dapat di download di bawah ini (kurang lebih 40 menit, 8 Mbytes tiap file).

Silahkan klik kanan dan save target as:

* Telaah Kritis GPK 1.mp3

* Telaah Kritis GPK 2.mp3

* Telaah Kritis GPK 3.mp3

* Telaah Kritis GPK 4.mp3


Sumber : http://www.pks-anz.org